Sunday, May 25, 2008

Konfigurasi IPv6

IPv6 Configuration using netsh (in Indonesian)

Sebelum kita to the point ke proses konfigurasi IPv6.. ada baiknya kita mengetahui jenis Operating System yang kita gunakan (khususnya bila kita menggunakan windows XP). Windows XP mempunyai beberapa versi yang di antaranya adalah Windows XP Service Pack 1, dan Windows XP Service Pack 2. Untuk mengetahui tipe Operating System yang digunakan komputer kita,
klik kanan pada My Computer dari menu Start Anda, lalu pilih Properties.
Di situ Anda dapat melihat spesifikasi dari sistem komputer Anda.

Misalnya seperti ini (gambar telah disensor)

Bila Anda menggunakan Windows XP Service Pack 1..
Setelah Anda menginstalasi IPv6 nanti akan muncul pilihan yang di dalamnya mengandung kata2 "developer" "IP version 6" pada Properties dari Interface yang Anda konfigurasi IPv6-nya.

Bila Anda menggunakan Windows XP Service Pack 2..
Setelah Anda menginstalasi IPv6 akan muncul pilihan Microsoft TCP/IP version 6
pada Properties dari Interface yang Anda konfigurasi IPv6-nya.

Misalnya seperti pada gambar di bawah ini:

Untuk tipe sebelum Windows XP Service Pack 1.. saya belum mencobanya.. tetapi, sepertinya Anda bisa menginstalasi IPv6 dalam operating system tersebut sejauh itu Windows XP. (Penulis: Jika Anda mencobanya dan berhasil, mohon memberitahukan melalui comment dari artikel ini, terima kasih).

Nah, berikut ini.. cara-cara untuk menginstalasi IPv6 pada operating system Anda, bila Anda menggunakan OS Windows XP SP1 atau SP2.

Ada 2 macam cara dalam instalasi di Windows XP SP1 dan SP2 (setelah Anda mengkonfigurasi IPv4 Anda bila diperlukan dan setelah komputer/laptop/dll tersambung dengan media lain yang akan anda koneksikan).

Cara pertama (melalui Network Connection):
1. Masuk ke Network Connection dan pilih Properties dari Interface yang akan Anda install IPv6 nya. Anda dapat menemukan Network Connection pada Control Panel atau dari My Network Places.


2. Setelah Anda membuka Properties dari Interface yang akan Anda install IPv6 nya.. Buka tab General, lalu pilih Install, kemudian pilih Protocol, dan pilih Add..

Kemudian pilih Microsoft TCP/IP version 6 (bila Anda menggunakan OS Windows XP Service Pack 2), lalu klik OK.


Cara kedua (melalui Command Prompt):
1. Klik Start --> Run,

2. Ketikkan cmd pada kotak Open, lalu klik OK

3. ketikkan ipv6 install pada layar DOS dari command prompt tersebut, lalu tekan enter.

(Penulis: Jika Anda ingin memastikan apakah IPv6 sudah terinstall atau belum di System Anda melalui command prompt, ketikkan ipconfig pada layar tersebut lalu tekan enter; jika Anda melihat ada IP Address yang memenuhi ciri-ciri dari IPv6, berarti IPv6 sudah terinstall pada system Anda. Jika ingin mengulang syntax, anda bisa menekan panah atas untuk mengcopy paste syntax sebelumnya)

Setelah itu Anda akan melihat adanya pilihan Microsoft TCP/IP version 6 pada Properties dari Interface yang Anda pilih tadi.

Pada Windows Vista, IPv6 sudah terinstall secara otomatis dan dapat anda lihat melalui Properties dari interface pada Network Connection Anda atau dengan memasukkan syntax ipconfig pada comand prompt. Anda dapat mengkonfigurasinya dengan masuk pada properties tersebut dan memilih Microsoft TCP/IP version 6 lalu klik Properties, kemudian Anda bisa mengisikan IP Address, Prefix Length, Default Gateway dan Preferred DNS Server serta Alternated DNS Server bila diperlukan.

Setelah Anda menginstall IPv6, Anda bisa juga menambahkan link IPv6, misalkan untuk LAN atau Ad-hoc. Bila Anda ingin menambahkan link..

Setelah Anda masuk ke Command Prompt, ketikkan

netsh interface ipv6 add address <nama interface> <ip address>

contohnya:
netsh interface ipv6 add address "Local Area Connection" 3ffe:100:200:300::123
atau
netsh interface ipv6 add address "Wireless Network Connection" 3ffe::10:20:0:9ef

(Penulis: mengetikkan syntax dalam command prompt tidak boleh ada kesalahan sedikitpun, karena bila salah, syntax tidak akan dikenali)

Untuk memeriksa apakah koneksi ipv6 Anda benar-benar terhubung, pada layar command prompt ketikkan

ping <ipv6 address Anda>

Contoh: ping 3ffe:100:200:300::123
atau ping 3ffe::10:20:0:9ef

Jadi.. mari kita kembangkan ipv6 yang akan digunakan pada generasi-generasi teknologi koneksi internet mendatang dan mempelajarinya dengan lebih menyenangkan secara praktikal. Toh untuk menguninstall, anda tinggal klik uninstall pada properties interface Anda atau ketik ipv6 uninstall pada layar command prompt Anda. Dan untuk menghapus link ipv6 yang telah Anda buat.. Anda hanya perlu mengetikkan netsh interface ipv6 del address <nama interface> <ipv6 address> pada layar command prompt Anda.

Sekian wacana mengenai instalasi ipv6 pada system Anda, selamat mencoba..

(taken from my fs blog)

No comments: